Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Pada Materi Tajwid dengan Metode Pembelajaran Permainan Huruf Hijaiyah

Aziz, Mursal (Unknown)
Hairullah, Hairullah (Unknown)
Imansyah, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Mempelajari    Al-Qur’an Hadis bertujuan    agar    peserta    didik gemar    membaca    Al-Qur’an    dan    Hadis    dengan    benar,    serta mempelajarinya,    memahami,    meyakini kebenarannya,    dan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada materi Tajwid dengn metode Pembelajaran Permainan Huruf Hijaiyah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research). Peneliti mengambil lokasi untuk penelitian ini di MIS Aek Kuasan, yang berada di Lingkungan VII, Kelurahan Aek Loba Pekan, Kecamatan Aek Kuasan, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Temuan penelitian ini adalah nilai dalam penerapan permainan mencari huruf hijaiyah dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat hasil nilai siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari pertemuan pertama siswa yang tuntas berdasarkan hasil evaluasi pada pertemuan pertama peserta didik yang tuntas berjumlah 9 siswa (36%), pertemuan kedua Peserta didik yang tuntas berjumlah 12 siswa (48%), pada pertemuan ketiga Peserta didik yang tuntas berjumlah 19 siswa (76%), pada pertemuan keempat Peserta didik yang tuntas berjumlah 22 siswa (88%). Hal ini menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam memahami pengertian dan metode permainan mencari kartu huruf hijaiyah pada materi pembelajaran tajwid yang berupa Idgham Bigunnah, Idgham Bilagunnah dan Iqlab semakin meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...