Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Kumalasari, Shofi Eka (Unknown)
Rulyansah, Afib (Unknown)
Sunanto, Sunanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa yaitu melalui peran orang tua sebagi pendukung dalam meningkatkan semangat siswa dalam berkembang. Banyak terjadi siswa yang menurun dalam meningkatkan belajarnya dikarenakan kurangnya motivasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam merangsang semangat proses pembelajaran peserta didik di kelas IV SD Mawar Gresik. Peran orang tua disini sangatlah penting di masa sekarang bukan hanya guru yang memberikan motivasi belajar di sekolah namun juga peran orangtua karena waktu siswa di rumah akan lebih panjang dibandingkan dengan sekolah. Diadakannya penelitian ini sebagai kesadaran pentingnya peran orangtua terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian kualitatif dengan data yang peneliti dapat dari sumber awal di lapangan melalui wawancara orang tua, siswa di SD Mawar dan pengamatan serta pengambilan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesimpulannya, orang tua memainkan peran kunci sebagai fasilitator, pendidik, dan motivator dalam meningkatkan motivasi siswa di sekolah dasar. Keterlibatan mereka dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif, memberikan dukungan, serta memberikan pujian dan pengakuan sangat penting untuk meningkatkan kinerja akademis dan kepercayaan diri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...