Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Implementasi Pendekatan Pendidikan (PMRI) Siswa SD Dumas

Zuhroh, Salasatus (Unknown)
Ibrahim, Muslimin (Unknown)
Amin, Siti Maghfirotun (Unknown)
Nafi'ah, Nafi'ah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar matematika siswa di SD Dumas, dengan melihat proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI, membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah diimplementasikannya pendekatan PMRI, serta menganalisis respon siswa terhadap proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PMRI. Dalam penelitian ini, menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental dengan bentuk penelitian one-group pretest-posttest design yang menerapkan pendekatan PMRI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Dumas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, pemberian tes dan teknik penyebaran angketPendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMRI) sangatlah berpengaruh dalam mata pelajaran matematika khususnya di tingkat SD, karena Siswa SD akan lebih mudah memahami sesuatu yang jelas, nyata dalam penglihatan dan pendengaran mereka. Dengan mengaplikasikan materi pembelajaran terhadap sesuatu yang nyata serta menghubungkan terhadap kehidupan mereka, sehingga dapat mempengaruhi daya ingat siswa terhadap pembelajaran yang telah mereka lalui, serta dapat menjadikan siswa lebih aktif ketika proses pembelajaran. Sehingga, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMRI) memberikan efek positif terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...