Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai ulangan harian siswa pada tahun ajaran 2022/2023, Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran masih menggunakan model konvensional. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi alat pemadam api ringan. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental designs dengan one group pretest posttest design. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Jeumpa kelas X TO sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar siswa maka harus dilakukan uji perbandingan rata-rata skor n-gain sebelum dilakukan uji data tersebut, data skor n-gain terlebih dahulu harus memenuhi uji prasyarat normalitas dan uji t-one sample. Dari hasil uji perbandingan rata-rata n-gain didapat Sig. (1 tailed) mendapat skor yaitu 0,00 < α =0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata n-gain 0,5916 (kategori sedang). Aktivitas siswa selama dalam proses pembelajaran memiliki semangat belajar yang tinggi, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi karena siswa terlibat langsung dalam mencari permasalahan yang diberikan.
Copyrights © 2024