Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor dalam pemilihan konsentrasi Français sur Objectifs Spécifiques (FOS) di antara mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis di Universitas Pendidikan Indonesia. Dalam pemilihan konsentrasi mahasiswa harus menentukan pilihan yang tepat untuknya karena akan mempengaruhi proses pembelajaran serta tugas akhir mereka. Berdasarkan teori perilaku konsumen model Howard dan Sheth (1969), keputusan konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pengaruh sosial, preferensi pribadi, dan pengalaman sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui angket dan wawancara dari 30 mahasiswa angkatan 2020. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor internal dengan indikator potensi diri, intelegensi, dan bakat memberikan peran penting dengan persentase sebesar 80%. Faktor eksternal dengan indikator keluarga, teman sebaya, dan kesempatan kerja juga berkontribusi dalam keputusan mahasiswa dengan persentase sebesar 71,67%. Faktor bakat adalah faktor paling dominan dengan persentase sebesar 82%. Penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi dari faktor internal dan eksternal membentuk keputusan mahasiswa dalam memilih konsentrasi FOS. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan konsentrasi agar dapat memilih sesuai dengan potensi, minat, bakat, serta tujuan karir mereka kedepannya.
Copyrights © 2024