Proses pembelajaran yang diterapkan bersifat satu arah sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan dan tidak menarik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk berupa Pengembangan Modul Pembelajaran IPAS Berbasis Kontekstual Kelas IV Pada Materi Membangun Masyarakat yang Beradab SD Islam 1 Baledono. yang sesuai dengan prosedur pengembangan research and development. 2) Bagaimana kelayakan Pengembangan Modul Pembelajaran IPAS Berbasis Kontekstual Kelas IV Pada Materi Membangun Masyarakat yang Beradab SD Islam 1 Baledono. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian menggunakan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan. Subjek penelitian yaitu murid kelas IV SD Islam 1 Baledono tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 28 murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar observasi, wawancara, angket validasi ahli media, materi, guru dan respon murid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan dan analisis kepraktisan. Hasil dari penelitian pengembangan modul pembelajaran ini adalah: 1) Penelitian ini menghasilkan produk berupa Modul Pembelajaran IPAS Berbasis Kontekstual Kelas IV Pada Materi Membangun Masyarakat yang Beradab SD Islam 1 Baledono. 2) Hasil kelayakan produk memperoleh skor rata-rata 3,46 (x>3,25) yang memiliki kategori “sangat layak”, hasil kepraktisan memperoleh skor rata-rata 3,65 (x>3,25) yang memiliki kategori “sangat praktis”. Berdasarkan kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPAS layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024