Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media kartu huruf dalam kemampuan membaca, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media kartu huruf dalam kemampuan membaca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data yang didapatkan dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dilakukan untuk menguji reliabilitas data dilakukan dengan menyelidiki informasi dari beberapa informan. Triangulasi teknik digunakan untuk menguji reliabilitas data dengan cara memeriksa data dengan teknik berbeda terhadap sumber yang sama. Hasil analisis data yaitu: (1) mengetahui penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran membaca kelas II SDN Gawan 01 Tanon telah berjalan sesuai dengan kemampuan peserta didik. (2) faktor yang mendukung dan menghambat dalam menggunakan media kartu huruf, yaitu faktor pendukung pembelajaran dengan media kartu huruf antara lain, media mudah di bawa, bahan pembuatan media mudah didapatkan dengan harga terjangkau, dan menciptakan kondisi belajar menjadi menyenangkan dan menumbuhkan sikap sosial. Faktor penghambat dalam proses penggunaan media kartu huruf antara lain, kurangnya ketersediaan waktu pada penggunaan media kartu huruf, peserta didik memiliki minat membaca yang rendah karena kurang percaya diri untuk membaca dengan lancar, dan ukuran kartu huruf sulit dibaca dalam kelompok kecil karena menyulitkan peserta didik untuk memahami huruf atau kata.
Copyrights © 2024