Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perencanaan proses pembelajaran taḥsīn dan taḥfiẓ Alquran melalui virtual menghafal di Taman Pendidikan Islam Bukhari Muslim Medan. Metode penelitian yang dipakai adalah analisis deskriptif dengan pendekatan evaluasi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan merupakan strategi yang diusulkan dari kepala sekolah Taman Pendidikan Islam Medan. Perencanaan merupakan peta jalan yang melibatkan siswa dan siswi Taman Pendidikan Islam Bukhari Medan. Adapun hal yang menjadi strategi dari Kepala Sekolah adalah perencaanaan pembelajaran taḥsīn dan taḥfīẓ di Taman Pendidikan Islam Bukhari Medan adalah dengan melalui teknologi virtual, dengan cara tersebut siswa dan siswi dapat berkomunikasi dengan teknologi yang sudah disediakan oleh masing-masing siswa dimana pun berada. Proses selanjutnya adalah mengukur proses pembelajaran dengan evaluasi. Evaluasi dilakukan dalam pembelajaran taḥsīn dan taḥfīẓ Alquran selama virtual. Evaluasi yang digunakan yaitu ujian taḥsīn dan ujian taḥfīẓ yang biasa dilakukan dipertengahan atau akhir semester.
Copyrights © 2024