Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Pengaruh Media Arbeca terhadap Kemampuan Membaca Awal pada Anak Usia 5-6 tahun di Tk Matoa Mandiri Kabupaten Bengkalis Riau

Lathifa, Raisya Vio (Unknown)
Nurlita, Nurlita (Unknown)
Chairilsyah, Daviq (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia dan memberikan andil yang besar dalam hal perubahan pada bidang apapun termasuk bidang pendidikan.  Perubahan yang dimaksud ialah dapat dimanfaatkan sebagai   media   belajar   dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan Media Arbeca. Media Arbeca (Augmented Reality Belajar Membaca) merupakan sebuah media pembelajaran yang dibuat untuk mengenalkan kepada anak tentang kemampuan membaca awal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam membaca awal di TK Matoa Mandiri Kabupaten Bengkalis Riau sebelum diberikan perlakuan melalui media Arbeca dan. untuk mengetahui besarnya pengaruh media Arbeca terhadap kemampuan mambaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Matoa Mandiri Kabupaten Bengkalis Riau. Penelitian ini  menggunakan analisis data kuantitatif yang sesuai dengan metode eksperimen., Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan rancangan desain One Group Pretest Post-test Design. Teknik pengambilan Populasi dan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan sampel jenuh yaitu berjumlah 20 anak yang memiliki usia 5-6 tahun di Matoa Mandiri Kabupaten Bengkalis Riau. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan lembar observasi dan test sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan membaca awal pada anak usia usia 5-6 tahun di TK Matoa Mandiri Kabupaten Bengkalis Riau setelah diberi perlakuan menggunakan media Arbeca terdapat peningkatan. Dengan diberikannya perlakuan menggunakan media Arbeca berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSH). terlihat anak sudah mampu dalam membaca gambar dan juga mampu mengidentifikasi dan melafalkan huruf vokal dan konsonan, membaca suku kata terbuka serta membaca kata serta Terdapat pengaruh yang sangat signifikan menggunakan media Arbeca terhadap kemampuan membaca awal sebelum dan sesudah pelaksanaan eksperimen dengan memberikan perlakuan berupa media Arbeca. Besar pengaruhnya yaitu 60,86%, berdasarkan kriteria penilaian Gain Ternormalisasi berada pada kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...