Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas 7 SMP Negeri 10 Palembang

Sulistiani, Lia (Unknown)
Lusiana, Lusiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VII di SMP Negeri 10 Palembang pada pelajaran Matematika. Jenis penlitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Melalui observasi dan wawancara dengan guru kelas matematika, tingkat kemampuan penalaran matematis peserta didik masih dalam kategori rendah. Penelitian berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setelah dilakukan analisis data, didapatkan hasil bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik meningkat sesuai indikator pencapaian. Hal ini dapat dilihat dari besarnya ketuntasan hasil belajar matematika peserta didik pada siklus I sebesar 61,1% dengan rata-rata 75,8 dan pada siklus II sebesar 88,8% dengan rata-rata 85,5. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...