Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VII di SMP Negeri 10 Palembang pada pelajaran Matematika. Jenis penlitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Melalui observasi dan wawancara dengan guru kelas matematika, tingkat kemampuan penalaran matematis peserta didik masih dalam kategori rendah. Penelitian berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setelah dilakukan analisis data, didapatkan hasil bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik meningkat sesuai indikator pencapaian. Hal ini dapat dilihat dari besarnya ketuntasan hasil belajar matematika peserta didik pada siklus I sebesar 61,1% dengan rata-rata 75,8 dan pada siklus II sebesar 88,8% dengan rata-rata 85,5. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Palembang.
Copyrights © 2024