Penelitian ini mengkaji manajemen peningkatan motivasi belajar di MTs Al-Fathimiyah Karawang, yang menggabungkan nilai-nilai keagamaan dengan pendidikan formal. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, dengan data primer dari wawancara dan observasi serta data sekunder dari dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran di MTs Al-Fathimiyah mencakup penetapan tujuan, metode, dan evaluasi pembelajaran yang sistematis. Kompetisi individual dan kelompok digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar. Kualitas guru dalam mengajar, pemanfaatan teknologi, serta keterlibatan orang tua dan lingkungan sekitar sangat berpengaruh dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Pembelajaran berdiferensiasi dan penggunaan media digital juga membantu memotivasi peserta didik. Evaluasi berkala dan umpan balik konstruktif memberikan arahan bagi siswa untuk memperbaiki kekurangan. Dengan perencanaan komprehensif dan kolaborasi berbagai pihak, diharapkan peserta didik di MTs Al-Fathimiyah mencapai prestasi optimal dan siap menghadapi tantangan masa depan.
Copyrights © 2024