Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Perencanaan Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Al-Fathimiyah Karawang

Riyadi, Adjie Tubagus Ahmad (Unknown)
Permana, Hinggil (Unknown)
Husen, Ceceng Syarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji manajemen peningkatan motivasi belajar di MTs Al-Fathimiyah Karawang, yang menggabungkan nilai-nilai keagamaan dengan pendidikan formal. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, dengan data primer dari wawancara dan observasi serta data sekunder dari dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran di MTs Al-Fathimiyah mencakup penetapan tujuan, metode, dan evaluasi pembelajaran yang sistematis. Kompetisi individual dan kelompok digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar. Kualitas guru dalam mengajar, pemanfaatan teknologi, serta keterlibatan orang tua dan lingkungan sekitar sangat berpengaruh dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Pembelajaran berdiferensiasi dan penggunaan media digital juga membantu memotivasi peserta didik. Evaluasi berkala dan umpan balik konstruktif memberikan arahan bagi siswa untuk memperbaiki kekurangan. Dengan perencanaan komprehensif dan kolaborasi berbagai pihak, diharapkan peserta didik di MTs Al-Fathimiyah mencapai prestasi optimal dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...