Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang (kubus dan balok) kelas VII SMP Negeri 61 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) Kolaboratif dengan menggunakan model siklus yang berlangsung selama dua siklus. Evaluasi hasil belajar dilaksanakan setiap akhir siklus. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII.3 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun datar (kubus dan balok) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII.3 Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar I didapatkan persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 70,9% dan pertemua kedua 72,72% dengan rata-rata 71,81% dengan kategori aktivitas siswa baik. Pada siklus II kemampuan aktivitas siswa pada pertemuan pertama dengan persentase 80% dan pertemuan kedua 82,72% dengan rata-rata 81,36% dengan kategori aktivitas siswa baik. Maka dari hasil pemaparan tersebut diperoleh hasil bahwa aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) pada pelajaran matematika peminatan materi polynomial pada siklus I dan II mengalami peningkatan.
Copyrights © 2024