Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 8 No 1 (2024): Volume 8, Nomor 1, 2024

Pengaruh Tugas Individu Versus Tugas Kelompok dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD pada Mata Pelajaran IPAS

Fitri Kamsinah (Unknown)
Ibut Priono (Unknown)
Ujang Rohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan Two- Way Anova (klasifikasi dua faktor). Metode eksperimen merupakan observasi di bawah kondisi buatan yang diatur sendiri oleh peneliti. Rancangan ini digunakan karena dianggap lebih efektif. Dalam penelitian menggunakan tiga variabel yaitu 1) Variabel bebas dengan pemberian tugas individu dan kelompok. 2) Variabel Moderator melalui pengaruh dari tugas ndividu versus tugas kelompok dan gaya belajar. 3} Variabel Moderator adalah gaya belajar siswa terhadap hasil belajar. Peneliti menggunakan uji t dan uji paired sample t-tes dengan a) Uji Normalitas b) Uji Homogenitas c) Uji Anova Dua Jalur. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) Ada perbedaan hasil belajar siswa dengan pemberian tugas individu versus tugas kelompok dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV menunjukkan hasil yang signifikan, 2) Ada perbedaan Gaya belajar siswa dengan gaya belajar kinestetik, audio dan visual yang dilaksanakan di SDN Kebonsari Kulon I dan SDN Kanigaran VI Kota Probolinggo, 3) Ada pengaruh pemberian tugas individu versus tugas kelompok dan gaya belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu keberhasilan siswa ditentukan beberapa factor yaitu : Metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif, minat dan kemampuan siswa, alat dan model pembelajaran yang menyenangkan, Fasilitas yang memadai, serta kerjasama sekolah/guru dengan orang tua peserta didik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...