Patria Educational Journal
Vol 3 No 3 (2023): Volume 3 Nomor 3 September 2023

Pengembangan media monopoli cerpen untuk menganalisis unsur pembangun cerita pendek SMA Kelas XI

Magvira, Ninin Choridatul (Unknown)
Utami, Sri (Unknown)
Hermawan, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan merangsang pikiran peserta didik untuk mempermudah dalam penyampaian materi. Dalam penelitian ini, media yang dikembangkan berupa media Monopoli Cerpen yang terinspirasi dari permainan monopoli. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan tahapan (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) lembar angket. Uji validasi telah dilakukan oleh dua dosen, guru bahasa Indonesia, dan siswa SMA. Data yang diambil berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan penelitian, hasil perolehan data kuantitatif dari ahli media sebesar 93%, ahli materi sebesar 98%, dari guru sebagai uji kepraktisan sebesar 96.50% dan dari siswa sebagai uji kemenarikan media sebesar 89%. Berdasarkan pemaparan dari aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Abstract: The purpose of this research is to produce a learning media product. Learning media is a tool used in the learning process with the aim of stimulating the minds of students to facilitate the delivery of material. In this study, the media developed was in the form of short story monopoly which was inspired by the monopoly game. This study uses a 4D research model developed by Thiagarajan with stages (1) definition, (2) design, (3) development, and (4) deployment. The techniques used for data collection are (1) observation, (2) interviews, and (3) questionnaires. The validation test has been carried out by two lecturers, an Indonesian language teacher, and a high school student. The data taken in the form of quantitative data and qualitative data. Based on the research, the results of obtaining quantitative data from media experts were 93%, material experts were 98%, from teachers as a practicality test of 96.50% and from students as a media attractiveness test of 89%. Based on the exposure of these aspects, it can be concluded that the media developed is very feasible and can be used in the learning process.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...