Jurnal Informatika Upgris
Vol 10, No 1: Juni 2024

Analisis Sentimen Dampak Artificial Intelligence (AI) Untuk Pendidikan Pada X Menggunakan Naïve Bayes

Nurdin, Nurdin (Unknown)
Jama, Luniko (Unknown)
Magnus, Thomas Zugildo (Unknown)
Priskila, Ressa (Unknown)
Pranatawijaya, Viktor Handrianus (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

AI ini telah menjadi salah satu topik hangat dalam beberapa tahun terakhir, dengan potensinya untuk merevolusi berbagai industri, termasuk pendidikan. Disisi lain, pendidikan adalah proses untuk memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan yang sukses. Namun, opini publik tentang penggunaan AI dalam pendidikan berbeda. Beberapa orang mungkin melihatnya sebagai kemajuan yang baik yang dapat membantu siswa mempersiapkan diri untuk tantangan masa depan. Sementara yang lain mungkin khawatir tentang konsekuensi moral, konsekuensi sosial, atau bahkan apakah teknologi akan menggantikan pekerjaan manusia. Melalui analisis sentimen pada X, penelitian ini bertujuan untuk mencoba menemukan komponen yang mempengaruhi persepsi publik terhadap AI untuk pendidikan. Untuk dapat mengumpulkan data tersebut, menggunakan X harvest untuk melakukan crawling data pada X. Pada tahap klasifikasi menggunakan metode naïve bayes. Dari 327 data yang dianalisis, 82% mengekspresikan sentimen positif, 17% menunjukkan sentimen negatif, sementara hanya 1% bersifat netral. Dari ­confusion matrix ­yang dihasilkan, dapat diperoleh nilai akurasi, presisi, recall, dan skor f1. Metode naïve bayes menghasilkan accuracy sekitar 72,73%, precision sekitar 77,40%, recall sekitar 72,73%, dan f1-score sekitar 71,74%. Terbukti bahwa metode naïve bayes merupakan pengklasifikasi teks yang baik untuk menganalisis sentimen mengenai Analisis Sentimen Dampak Artificial Intelligence Untuk Pendidikan Pada X Menggunakan Naïve Bayes.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIU

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Informatics UPGRIS published since June 2015 with frequency 2 (two) times a year, ie in June and December. The editors receive scientific writings from lecturers, teachers and educational observers about the results of research, scientific studies and analysis and problem solving closely ...