Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran fisika berbentuk flipbook bercirikan Keterampilan Proses Sains (KPS) yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model Nieveen dan Plomp. Teknik pengumpulan data yaitu pengisian lembar validasi, angket repon guru dan peserta didik serta instrumen pretest dan postest. Hasil penelitian menujukkan bahwa validasi modul menghasilkan kofisien Gregory 1,0 yang menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah valid. Kepraktisan modul berdasarkan respon guru dan respon peserta didik. Respon guru menunjukkan respon yang sangat positif dan respon peserta didik menunjukkan 42,3% memberi respon sangat positif, 50% positif dan 7,7% cukup positif. Efektivitas modul berdasarkan peningkatan hasil belajar peserta didik. Diperoleh bahwa terdapat perbedaan skor pretest dan postest yang signifikan pada taraf signifikansi 5% dan nilai N-Gain 0,2. Maka disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika berbentuk flipbook yang bercirikan keterampilan proses sains yang dikembangkan valid, efektif dan praktis
Copyrights © 2024