Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi peserta didik SMA pada konsep usaha dan energi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus tahun ajaran 2023/2024 di SMA Hasanuddin Gowa. Sampel dipilih menggunakan simple random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 61 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan atau kondisi, yang hasilnya dilaporkan dalam bentuk laporan hasil penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu instrumen two tier test berupa soal pilihan ganda dua tingkat dengan membagi pemahaman konsep peserta didik dalam kategori memahami, miskonsepsi dan paham konsep yang terdiri dari 12 butir soal dan juga dilakukan wawancara peserta didik. Berdasarkan hasil analisis instrumen two tier test, diperoleh kesimpulan bahwa terdeteksi miskonsepsi pada semua sub konsep usaha dan energi, yaitu usaha, teorema usaha energi kinetik, energi potensial, dan hukum kekekalan energi mekanik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi sebanyak 45% peserta didik.
Copyrights © 2024