Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran visual melalui komik fisika pada materi alat-alat optik yang bersifat valid, efektif, dan praktis. Pengembangan media pembelajaran melalui visualisasi komik ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang telah disederhanakan menjadi tiga tahapan yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) penilaian kelayakan/kevalidan ahli media dipeoleh dan ahli materi diperoleh berdasarkan uji Gregory sehingga dikategorigan valid dan layak ; 2) pada tahap uji coba terbatas kepada 29 peserta didik memperoleh rata-rata skor tes hasil belajar 75 dari skor ideal 100 dengan ketuntasan kelas 89,65% atau 26 orang yang tuntas; 3) respon peserta didik dan guru untuk media pembelajaran visual melalui komik pada materi alat-alat yang dikembangkan memperoleh kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media pembelajaran visual melalui komik diniali valid, efektif dan praktis setelah dilakukan ujicoba terbatas kepada peserta didik kelas XII MIPA 4 SMAN 11 Pinrang dan respon dari guru.
Copyrights © 2024