Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran motivasi belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar fisika peserta didik SMAN 9 Makssar, (2) menganalisis hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik SMAN 9 Makassar, (3) menganalisis hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik SMAN 9 Makassar, (4) menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan aktivitas belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar fisika peserta didik SMAN 9 Makassar. Metode dalam penelitian ini adalah metode survey. Sampel diperoleh melalui multistage random sampling diperoleh ukuran sampel 80 peserta didik dari 242 populasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa tes hasil belajar dan instrumen non tes berupa lembar kuesioner motivasi belajar dan aktivitas belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata motivasi belajar fisika sebesar 181,61 dan skor rata-rata aktivitas belajar fisika sebesar 159 menunjukkan bahwa motivasi belajar dan aktivitas belajar fisika berada pada kategori tinggi. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar fisika diperoleh 11,99 yang berada pada kategori sedang. Selanjutnya hasil penelitian diperoleh (1) tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, (2) tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar, (3) tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan aktivitas belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar fisika peserta didik SMAN 9 Makassar.
Copyrights © 2024