Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 6 No 2 (2023): GUIDING WORLD ( JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING )

Pengaruh Kecanduan Game Online terhadap Perilaku Agresif Anak di Nagari Balai Sinayan Lumpo

Edwar Mizan (Bimbingan Konseling)
Mori Dinato (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Wira Solina (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena anak bermain game online lebih dari 3 jam dalam sehari, anak sering menggunakan kata-kata kasar dan mudah marah dan anak menjadi jarang bersosialisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Profil kecanduan game online anak. 2) Profil perilaku agresif anak. 3) Pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku agresif anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif analisis regresi linear sederhana Populasi sebayak 34 teknik pengambilan sampel total sampling, jumlah sampel 34. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah persentase dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Profil kecanduan game online anak berada pada ketegori rendah. 2) Profil perilaku agresif anak berada pada kategori rendah. 3) Terdapat pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku agresif anak sebesar 20,7%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

GW

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam ...