JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika
Vol. 6 No. 1 (2024): JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika, Edisi Mei 2024

Efektivitas Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA

Limbong, Tonni (Unknown)
Damanik, Romanus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas aplikasi pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan 60 siswa kelas VIII yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen (n = 30) dan kelompok kontrol (n = 30). Kelompok eksperimen menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia selama enam minggu, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran tradisional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang mengukur pemahaman siswa terhadap materi IPA di SMP Swasta Santo Fransiskus Xaverius Namorambe, serta kuesioner yang mengevaluasi persepsi siswa terhadap aplikasi tersebut. Analisis data dilakukan menggunakan uji T berpasangan dan uji T tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan skor pada kelompok eksperimen (24.8) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (13.9). Uji T berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest pada kedua kelompok (p < 0.05). Uji T tidak berpasangan juga menunjukkan perbedaan signifikan antara peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol (p < 0.05). Temuan ini mendukung bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan metode pembelajaran tradisional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis multimedia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penggunaan elemen visual dan interaktivitas yang ditawarkan oleh multimedia membantu siswa memahami konsep-konsep yang kompleks dengan lebih baik. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi teknologi multimedia dalam kurikulum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan dasar yang kuat bagi pendidik dan pembuat kebijakan untuk memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan proses pembelajaran di sekolah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUKI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika (e-ISSN: 2722-4368) berfokus pada keilmuan yang ada tentang Komputer dan Informatika, yaitu Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan & Multimedia, Teknologi Web & Mobile, serta kecerdasan Buatan & game. Akan tetapi JUKI juga tidak membatasi terhadap ...