Sepeda motor menjadi salah satu pilihan moda transportasi yang populer di kalangan mahasiswa yang membawa dampak positif maupun negatif terhadap kampus dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mahasiswa pengendara sepeda motor ke kampus berdasarkan Teori Perilaku Terencana (Theory of Planned Behaviour, TPB). Data primer diperoleh dengan melakukan survei pada lima universitas yang ada di Surabaya. Sebanyak 414 responden memberikan respons terhadap pertanyaan berkaitan dengan perilaku perjalanan mereka ke kampus. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan teknik Structural Equation Modeling. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa faktor persepsi kendali perilaku secara positif dan signifikan mempengaruhi intensi perilaku mahasiswa pengendara sepeda motor ke kampus. Faktor sikap dan norma subjektif tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap intensi perilaku. Demikian halnya intensi perilaku terhadap perilaku aktual. Implikasi penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak kampus dapat menerapkan Manajemen Transportasi Kampus yang sesuai untuk mengurangi penggunaan sepeda motor ke kampus.
Copyrights © 2016