Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi
Vol. 5 No. 1 (2023): JIMMBA

Strategi Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing: Studi Kasus UMKM pada Ulos Sianipar Medan

Hasibuan, Misna (Unknown)
Pane, Salmi (Unknown)
Siregar, Rizky Anggina (Unknown)
Silalahi, Purnama Ramadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2023

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi serta besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia membuat peluang bagi dunia usaha hal ini juga didukung dan didorong oleh program pemerintah agar banyak pelaku usaha yang memanfaatkan e-commerce agar terus mampu bersaing di tengah perkembangan teknologi saat ini. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan minat masyarakat untuk menerapkan e-commerce pada usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan e-commerce dalam meningkatkan daya saing produk konveksi pada UMKM khususnya Ulos Sianipar di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang konkrit tentang penerapan e-commerce dalam meningkatkan daya saing produk konveksi UMKM di Ulos Sianipar Medan. Analisa SWOT di Ulos Sianipar digunakan sebagai acuan untuk mengubah proses transaksi manual menjadi transaksi online dengan memanfaatkan atau menyelaraskan Teknologi Informasi (information technology-IT) dengan kegiatan bisnis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jimmba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JIMMBA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi) published by LP3M Universitas Putra Bangsa Kebumen. The aim of JIMMBA discussion is to disseminate information on scientific work from and for academics that discuss interest in management and accounting. In addition, it is also easier ...