Dua masalah terkait efisiensi keuangan dan pemasaran digital masih menjadi persoalan yang mendasar bagi usaha mikro dan kecil (UMKM). Paper ini bermaksud dicarikan jalan keluar agar usaha yang dijalankan menjadi lebih efisien melalui kegiatan pengabdian. Tujuan pengabdian adalah memberikan pengetahuan dan aplikasi tentang efisiensi usaha terutama pada sisi keuangan dan pemasaran bagi Usaha Kecil Mikro dan Menengah produk makanan halal di Kecamatan Mojolaban Sukoharjo. Kegiatan yang diprakarsai Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret dengan anggota UMKM Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Fadhilah Sentosa. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pelaksanaan pelatihan dan pendampingan yang terdiri 3 (tiga) hal, yaitu: Pertama, Pelatihan pemahaman konsep efisiensi usaha. Kedua, pelatihan pemasaran digital untuk usaha agar lebih efisien Ketiga, pelatihan pengelolaan dan pencatatan keuangan untuk efisiensi usaha. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan 100 persen peserta sudah memahami konsep efisiensi secara benar sesuai dengan teori dan bisa mempraktekkan kegiatan pemasaran dalam dunia usahanya.
Copyrights © 2024