PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2024): APRIL 2024

Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut

Nur Muslimah (Unknown)
Haeruddin Haeruddin (Unknown)
Petrus Fendiyanto (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika baik sebelum dan sesudah dikontrol oleh motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut tahun ajaran 2023/2024. Variabel dalam penelitian ini yaitu Gaya Belajar (X1) dan Motivasi Belajar (X2) sebagai variabel bebas, serta Hasil Belajar Matematika (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut yang berjumlah 4 kelas dengan siswa sebanyak 120 siswa, dengan sampel sebanyak 92 siswa yang terpilih dari 3 kelas melalui metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data gaya belajar dan motivasi belajar, serta tes soal uraian untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian berupa statistik deskriptif (tabel, mean, median, standar deviasi, maksimum, minimum, dan perhitungan persentase) dan statistik inferensial berupa analisis kovarian (anakova). Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, diperoleh rata-rata skor untuk gaya belajar auditori adalah 37,96; rata-rata skor untuk gaya belajar visual adalah 37,06; rata-rata skor untuk gaya belajar kinestetik adalah 39,18; rata-rata skor untuk motivasi belajar adalah 47,45; serta rata-rata skor untuk hasil belajar matematika adalah 78,87. Berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan analisis kovarian (anakova) dengan α = 0,05 diperoleh . Variabel motivasi belajar diperoleh nilai taraf signifikan statistik (sig) < α = 0,05 yaitu (0,000 < 0,05), maka motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Variabel gaya belajar diperoleh nilai taraf signifikan statistik (sig) > α = 0,05 yaitu (0,111 > 0,05), maka tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki gaya belajar (auditori, visual, dan kinestetik) setelah mengontrol motivasi belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...