PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2024): APRIL 2024

Efektivitas Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Munisah, Siti (Unknown)
Hariandi, Ahmad (Unknown)
Faisal Hidayat, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan bentuk Quasi Eksperimen. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 59 orang siswa kelas III SDN 55/1 Sridadi. Adapun sampel penelitian ini yakni seluruh anggota populasi yang meliputi kelas IIIA yang berjumlah 31 orang siswa serta kelas IIIB yang berjumlah 28 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas data berdistribusi normal dengan signifikansi Xhitung (5,79) < Xtabel (7,81) pada kelas pre test dan signifikansi Xhitung (6,04) < Xtabel (7,81) pada kelas post test. Uji homogenitas diperoleh Fhitung (1,211) < Ftabel (1,884) dengan taraf signifikansi 5% dengan menggunakan uji varians. Sedangkan pada Uji T didapatkan thitung (1,754) ≥ ttabel (1,672) yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Pendekatan kontekstual berbantuan media konkret lebih efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 55/1 Sridadi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...