Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematis berdasarkan jenis-jenis kesalahan menurut Kastolan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Lingga yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, tes kemampuan penalaran matematis dan pedoman wawancara. Adapun hasil penelitian yang diperoleh siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi memenuhi indikator menyajikan pernyataan matematika, indikator melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan dan melakukan kesalahan konseptual. Siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang memenuhi indkator menyajikan pernyataan matematika namun tidak lengkap, tidak memenuhi indikator melakukan manipulasi matematika, dan tidak memenuhi indikator penarikan kesimpulan dengan melakukan kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah tidak memenuhi indikator menyajikan pernyataan matematika, tidak melakukan manipulasi matematika dan penarikan kesimpulan. Dengan melakukan kesalahan konseptual, Kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik
Copyrights © 2024