PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2024): APRIL 2024

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI HASIL BELAJAR

Aslalia, Aslalia (Unknown)
andinasari, andinasari (Unknown)
Sistiawati, Risda Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan karena hasil pengamatan menunjukkan bahwa masih terdapat banyak kesalahan yang dilakukan oleh siswa saat menyelesaikan soal matematika, dan hal ini berkaitan dengan pencapaian hasil belajar mereka. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 2 (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) SMK N 1 Prabumulih, yang dipilih melalui Purposive Sampling dengan memperhatikan siswa yang memiliki tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini difokuskan pada kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi Barisan dan Deret. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data melibatkan catatan lapangan selama praktik, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret, siswa cenderung membuat kesalahan konsep. Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya kesalahan tersebut meliputi kurangnya teliti dalam mengerjakan soal, kurangnya kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi barisan dan deret.ABSTRACT research was conducted because the observations show that there are still many mistakes made by students when solving math problems, and this is related to the achievement of their learning outcomes. In addition, this study also aims to analyze the factors that cause such errors. This research is a descriptive research with a qualitative approach. The subject of this study was class X TITL 2 (Electrical Power Installation Engineering), which was selected through Purposive Sampling by paying attention to students who have high, medium, and low levels of ability. This research focused on understanding the material of Rows and Rows. The instruments used in data collection involve field notes during practice, tests, and documentation. The results showed that in solving row and row problems, students tend to make concept mistakes (KK). Factors that cause these errors include lack of accuracy in doing problems, lack of student readiness in following the learning process, and lack of student understanding of row and row material.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...