Penyaluran zakat tidak terealisasi secara optimal dalam kinerja yang terus meningkat dan perkembangan bank syariah yang masih kalah unggul dari bank konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat dan memahami tentang zakat dan CSR terhadap kinerja dan reputasi di bank umum syariah selama lima tahun terakhir. Teori SET menjadi teori landasan utama karena mengungkapkan bahwa pertanggung jawabannya tidak hanya secara horizontal tetapi juga secara vertikal. Jumlah sampel yang dingunakan adalah yang memenuhi kriteria dengan metode purposive sampling yaitu 8 Bank Umum Syariah yang terdaftar dalam OJK periode 2018-2022. Teknik analisa data yang dingunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa zakat berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan CSR berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Sedangkan zakat tidak berpengaruh terhadap reputasi tetapi CSR berpengaruh terhadap reputasi. Hal ini didasari karena bank syariah belum optimal dalam menyalurkan zakatnya namun zakat serta CSR dapat meningkatkan kinerja keuangan yang lebih baik.
Copyrights © 2024