Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara implementasi panduan gerakan literasi sekolah dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasi panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Luar Biasa YBSM Banda Aceh. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dengan pihak sekolah SLB-YBSM Banda Aceh dan melakukan dokumentasi sebagai pendukung penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa; Implementasi panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Luar Biasa YBSM Banda Aceh; Menyusun berbagai program, guna mudah menerapkan GLS bagi siswa difabel grahita. 2. Kendala yang dihadapi, difabel grahita tidak fokus dan susah diatur. Selain itu, masih terdapat orang tua siswa yang tidak begitu memahami tentang budaya literasi bagi siswa. Sehingga hal ini akan berdampak pada siswa dalam menerapkan budaya baca saat berada dirumah.
Copyrights © 2024