Salah satu komponen paling penting dalam industri perhotelan yang berdampak langsung pada reputasi hotel dan kepuasan pelanggan adalah kamar yang bersih dan terawat dengan baik. Hal ini menunjukkan standar kebersihan hotel, serta kenyamanan dan keselamatan tamu. Oleh karena itu, evaluasi yang terorganisir dan konsisten diperlukan untuk memastikan bahwa setiap kamar memenuhi ekspektasi tinggi para tamu. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan penilaian yang konsisten dan objektif untuk menentukan area mana yang perlu diperbaiki dan untuk memastikan bahwa kualitas layanan tetap tinggi melalui pemahaman dan penerapan standar pembersihan secara merata. Dalam penelitian ini, deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data dari inspeksi rutin kamar yang mengacu pada Room Inspection Score Sheet (RISS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pembersihan kamar berbeda-beda antara inspeksi. Beberapa faktor yang memengaruhi ketepatan standar pembersihan ini termasuk pelatihan karyawan, pengawasan manajemen, serta ketersediaan bahan dan alat pembersih. Ditunjukkan bahwa pelatihan dan pengawasan yang ketat dapat meningkatkan skor pembersihan kamar. Akibatnya, kepuasan tamu dapat dipertahankan dan reputasi hotel dapat dipertahankan dengan mempertahankan dan meningkatkan standar kebersihan kamar secara konsisten.
Copyrights © 2024