JHT: Journal of Hospitality and Tourism
Vol 2, No 2 (2024): Journal of Hospitality and Tourism

PENGARUH MOTIVASI, KEPUASAN KERJA DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI POLITEKNIK PARIWISATA PRIMA INTERNASIONAL

Widia Ningsi (Politeknik Pariwisata Prima Internasional)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2024

Abstract

Di tengah persaingan yang ketat dan meningkatnya harapan dari mahasiswa dan pemegang kepentingan, kinerja karyawan di Politeknik Pariwisata Prima Internasional sangat penting untuk mengatasi situasi yang menantang. Menurut teori motivasi, motivasi sangat penting dalam meningkatkan kinerja karyawan. Motivasi merupakan dorongan terhadap seseorang untuk mencari dan mencapai apa yang dibutuhkan. Selain itu juga harus didukung dengan kepuasan kerja dan disiplin karyawan. Oleh karena itu, diyakini bahwa menyeimbangkan antara motivasi, kepuasan kerja dan disiplin menyebabkan terpenuhinya segala kebutuhan lebih dari yang diharapkan dan tercipta kinerja yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi, kepuasan kerja dan disiplin terhadap kinerja karyawan. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 30 responden. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pimpinan maupun karyawan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent, uji model, uji hipotesis, dan sebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peningkatan motivasi, kepuasan kerja, disiplin terhadap kinerja akan diikuti peningkatan kinerja karyawan, begitu pula sebaliknya. Hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan nilai F yang signifikan, menunjukkan bahwa motivasi, kepuasan kerja, disiplin mempengaruhi secara nyata terhadap kinerja karyawan secara bersama-sama. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja karyawan perlu adanya peningkatan motivasi, kepuasan kerja, disiplin karyawan. Kata Kunci: disiplin, kepuasan kerja, kinerja karyawan, motivasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jht

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Hospitality and Tourism (JHT) is a journal which is published by the Center of Research and Community Service of Politechnics Harapan Bersama Tegal. practitioners and academics, professionals, educators, lecturers and students who are interested in contributing and sharing studies and ...