Musamus Journal of Language and Literature
Vol 2 No 1 (2019): Musamus Journal of Language and Literature

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Angla F Sauhenda (Universitas Musamus)
Zem Santo (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Yohanes Aerts melalaui keterampialan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus yang meliputi empat tahap kegiatan, yaitu (1) tahap perencanaan (planning), (2) tahap pelaksanaan (acting), (3) tahap pengamatan (observing), dan (4) tahap refleksi (reflecting). Pada tahap prasiklus menunjukan kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 19,35%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama, maka kemampuan berpikir kritis siswa mulai meningkat dan mencapai 45,16%, siklus kedua mencapai 77,41%, dan siklus ketiga mencapai 87,10%. Berdasarkan hasil yang telah dicapai pada setiap siklus yang telah dilakukan, maka dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas ini telah berhasil. Kata kunci: berpikir kritis; keterampialn menulis; teks eksposisi; model pembelajaran berbasis masalah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

lite

Publisher

Subject

Arts Education

Description

The aims of this MuJoLaLi is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original research articles or review articles. The scope of the MuJoLaLi deals with current issues in Language and ...