Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak kesulitan dan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal limit fungsi trigonometri. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II SMUN 4 Palangka Raya  sebanyak 322 siswa. Dari jumlah tersebut diambil sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yang berjumlah 72 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes soal bentuk uraian. Teknik analisis butir soal yang digunakan adalah dengan menggunakan validitas dan reliabilitas hasil rating dari tiga orang rater. Dari hasil pemberian rating diperoleh 7 soal untuk diberikan kepada sampel penelitian. Sedangkan reliabilitas rata-rata rating dari ketiga orang rater tersebut diperoleh sebesar 0,701.Data yang diperoleh dari jawaban soal, kemudian diberi kode pada setiap aspek yang ingin diteliti, aspek tersebut antara lain: (1) kesulitan dalam menguraikan bentuk soal, (2) kesulitan dalam menerapkan rumus baku, (3) kesulitan dalam menerapkan teorema limit, dan (4) kesulitan dalam operasi hitung. Perolehan data tersebut selanjutnya ditabulasikan dan dicari letak kesulitannya.Berdasarkan hasil analisa data, letak kesulitan yang pertama terdapat dalam hal menguraikan bentuk soal dengan tingkat kesulitan tergolong tinggi yaitu sebesar 61,31%. Sedangkan letak kesulitan yang kedua terdapat dalam hal menerapkan rumus dasar dengan tingkat kesulitan tergolong tinggi yaitu sebesar 60,91%, letak kesulitan yang ketiga terdapat dalam hal menerapkan teorema limit utama dengan tingkat kesulitan tergolong tinggi yaitu sebesar 71,83 %, dan letak kesulitan yang keempat terdapat dalam hal operasi hitung dengan kesulitan tergolong sedang yaitu sebesar 46,43%. Dari hasil analisa data tersebut terlihat bahwa letak kesulitan siswa yang paling tinggi terletak pada aspek menerapkan teorema limit utama. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal limit fungsi trigonometri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2007