Serupa : The Journal of Art Education
Vol 13, No 3 (2024)

PENGGUNAAN KERTAS SEBAGAI BAHAN CANTING CAP DALAM PEMBELAJARAN ELEMEN BATIK DI SMK NEGERI 4 PADANG

Pramesty, Shekar Hanum (Unknown)
Kharisma, Maltha (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Kertas dapat digunakan sebagai bahan pembuatan alat cap batik sederhana, namun banyak jenis dan karakter kertas yang dapat dijumpai dalam keseharian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis kertas yang digunakan serta bagaimana prosedur penggunaan canting cap kertas dalam pembelajaran elemen batik di SMK Negeri 4 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Keabsahan data diperoleh melalui teknik peningkatan pengamatan, dan triangulasi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian, Kertas yang baik digunakan untuk canting cap memiliki ketebalan 0,5 mm – 1 mm dengan jenis karton, kertas dengan lapisan mengkilap digunakan untuk motif banyak relung, motif yang kecil dan rumit, sedangkan kertas bertekstur tanpa lapisan digunakan untuk motif geometris, bersifat kaku dan pola tunggal bidang besar. Prosedur penggunaan canting cap dimulai dari memanaskan lilin, mencelupkan sebagian canting cap kertas, diangkat, lalu dikibaskan dan ditempelkan pada kain. Canting cap kertas mudah untuk dibuat dan digunakan karena memiliki bobot yang ringan, bahan dan alat yang terjangkau, kualitas produk dengan jangka ketahanan hingga 7000 kali cap, memfasilitasi kreativitas dalam pembelajaran elemen batik dan membantu proses produksi batik. Kekurangannya, hasil cap tidak sehalus cap tembaga dan tidak dapat dibuat motif detail berupa titik - titik. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

serupa

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Serupa: The Journal of Art Education menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berhubungan dengan studi pendidikan maupun seni rupa. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi pendidikan dan seni rupa untuk berdiskusi, mengejar dan ...