Kemampuan pemahaman matematis siswa dan yang menyebabkan materi himpunan tergolong sulit. Dalam menyelesaikan masalah matematika diperlukan pemahaman sebagai salah satu alat yang digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika dengan menerapkan taksonomi SOLO. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menguraikan karakteristik kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi trigonometri berdasarkan taksonomi SOLO. Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tangerang Selatan yang telah mendapatkan materi himpunan. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tertulis berbentuk uraian dan wawancara semi terstruktur dengan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan, siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis kategori rendah mengalami tahapan prastrukural, kategori sedang pada tahapan prastruktural dan unistruktural lengkap serta tidak lengkap pada multistruktural dan relasional tanpa memiliki extended abstrak serta siswa dengan kemampuan pemahaman matematika kategori tinggi mengalami tahapan prastruktural, unistruktural, multistruktural dan relasional secara lengkap dengan extended abstrak secara tidak lengkap. Secara keseluruhan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa merupakan hal penting dalam menyelesaikan matematika pada materi himpunan berdasarkan taksonomi SOLO.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024