Barisan dan deret aritmetika merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam matematika yang memiliki kaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Namun faktanya ketika soal tersebut dikaitkan dengan soal cerita, siswa merasa kebingungan dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan pada soal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kesalahan sswa dalam menyelesaikan perosalan aritmetika berdasarkan tahapan Newman. Subjek dalam penelitian ini yaitu sebanyak 10 siswa kelas XA di SMAN 1 Cikeusal. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian berupa tes uraian dan wawancara. Data yang digunakan menggunalan tes uraian yang berupa soal matematika yang berkaitan dengan materi barisan aritmetika yang terdiri dari 4 soal. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMAN 1 Cikeusal pada pennyelesaian soal dengan materi baris dan deret aritmetika menurut prosedur Newman terdiri dari 5 kesalahan yaitu dalam segi kesalahan membaca (reading error) memiliki kesalahan dengan presentase 35%, dalam segi kesalahan memahami (comprehension error) memiliki kesalahan dengan presentase 27,5%, dalam segi kesalahan mentransformasi soal (transformations error) memiliki kesalahan dengan presentase 20%, dalam segi kesalahan keterampilan proses (process skill error) dengan presentase sebesar 17,5%, dan dalam segi penulisan jawaban akhir (encoding error) sebesar 12,5.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024