Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan komik berbasis RME (Realistic Mathematics Education) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMP yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE. Uji kevalidan media komik oleh ahli materi yang memberikan penilaian dengan persentase sebesar 84% dan 82,6%, didapatkan kriteria sangat valid. Kemudian ahli media yang memberikan penilaian dengan persentase sebesar 88% dan 80%, didapatkan kriteria sangat valid. Serta ahli Pendidikan yang memberikan penilaian dengan persentase sebesar 86,6% dan 90%, didapatkan kriteria sangat valid. Selanjutnya dilakukan tahap revisi bahan ajar untuk disempurnakan dan di uji coba kepada 38 siswa kelas VII di SMPN 2 Tigaraksa. Persentase yang didapatkan dari hasil respon siswa sebesar 83% (praktis). Hasil perhitungan dari angket minat belajar menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 0,50 dalam kategori N-Gain yaitu peningkatan sedang. Sedangkan untuk hasil perhitungan pretest dan posttest menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 0,75 dalam kategori N-Gain yaitu peningkatan tinggi. Kesimpulan yang diperoleh bahwa media komik berbasis RME (Realistic Mathematics Education) dikatakan layak dan baik karena memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023