Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 4, No 4 (2023): Desember 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Inayatul Ummah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Anwar Mutaqin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Kurangnya minat dan keterampilan dalam mengatasi masalah matematika mendorong penelitian ini. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Model pembelajaran Teams Games Tournament digunakan sebagai bentuk pembelajaran kolaboratif dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa sepanjang tahun ajaran 2022/2023 di MTs Al-Fath Kota Cilegon. Studi ini dilakukan dengan cara kuasi-eksperimental, dengan peserta dibagi menjadi dua kelompok untuk mengikuti tes sebelum dan sesudah. Untuk penelitian ini, peserta secara acak dimasukkan ke dalam kelompok "eksperimen" atau "kontrol". Anak-anak yang berpartisipasi dalam penelitian ini semuanya adalah siswa kelas VIII di MTs Al-Fath Kota Cilegon. Siswa kelas VIII C dibagi menjadi kelompok eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol untuk belajar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes pemecahan masalah dan kuesioner sikap untuk mempelajari lebih lanjut tentang perspektif siswa terhadap matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan motivasi siswa dalam matematika meningkat ketika pembelajaran disusun dengan Teams Games Tournament.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...