Kurangnya minat dan keterampilan dalam mengatasi masalah matematika mendorong penelitian ini. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Model pembelajaran Teams Games Tournament digunakan sebagai bentuk pembelajaran kolaboratif dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa sepanjang tahun ajaran 2022/2023 di MTs Al-Fath Kota Cilegon. Studi ini dilakukan dengan cara kuasi-eksperimental, dengan peserta dibagi menjadi dua kelompok untuk mengikuti tes sebelum dan sesudah. Untuk penelitian ini, peserta secara acak dimasukkan ke dalam kelompok "eksperimen" atau "kontrol". Anak-anak yang berpartisipasi dalam penelitian ini semuanya adalah siswa kelas VIII di MTs Al-Fath Kota Cilegon. Siswa kelas VIII C dibagi menjadi kelompok eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol untuk belajar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes pemecahan masalah dan kuesioner sikap untuk mempelajari lebih lanjut tentang perspektif siswa terhadap matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan motivasi siswa dalam matematika meningkat ketika pembelajaran disusun dengan Teams Games Tournament.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023