Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan soal materi dimensi tiga tipe open ended di kelas XII, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut khususnya ditinjau dari perspektif gaya belajar. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 22 siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Ciruas. Melalui analisis data dari tes dan wawancara, ditemukan bahwa siswa visual, auditori dan kinestetik melakukan tiga jenis kesalahan berdasarkan Prosedur Newman, yaitu kesalahan membaca, memahami, dan penulisan jawaban. Kesalahan-kelahan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk karena kesulitan mengingat instruksi verbal untuk menuliskannya, kurangnya pemahaman terhadap materi tiga dimensi, lebih memilih menyuarakan informasi dibandingkan menuliskannya, kurangnya pemahaman terhadap konsep pangkat dua, tergesa-gesa saat menjawab pertanyaan dan kurangnya pemahaman terhadap makna kesimpulan dan jarangnya latihan menulis kesimpulan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024