Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2024): Maret 2024

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA NEARPOD UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

adilfi refa maferik (universitas sultan ageng tirtayasa)
Etika Khaerunnisa (universitas sultan ageng tirtayasa)
Aan Subhan Pamungkas (universitas sultan ageng tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Pembelajaran kontektual dengan menggunakan media Nearpod diyakini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Serang Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan tujuan untuk meneliti penerapan pembelajaran kontekstual menggunakan media Nearpod terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental dengan menggunakan the nonequivalent pretest posttest control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Serang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIF dan VIIG yang diambil dengan teknik puposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen non tes. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual dengan E-Media nearpod lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...