Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pelaku UMKM untuk menerima QRIS sebagai alat pembayaran digital dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan data primer yang dikumpulkan dari 100 pelaku UMKM di Surabaya menggunakan Google Forms yang didistribusikan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh merupakan analisis hasil teknik SEM-PLS. Bukti dari penelitian ini menunjukkan bahwa computer self efisiensi (CSE), persepsi kegunaan (PEU), persepsi kemudahan penggunaan (POU), dan sikap terhadap penggunaan (ATU) memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat perilaku (BEI), serta minat perilaku (BEI) memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap penggunaan sistem aktual (ACU). Penelitian ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM agar siap menggunakan QRIS dalam operasional komersialnya sehingga dapat mengikuti perkembangan teknologi. Temuan penelitian ini juga dapat dijadikan acuan oleh lembaga yang menggunakan QRIS untuk membantu mereka memutuskan cara terbaik dalam meningkatkan infrastruktur dan teknologi yang dimilikinya saat ini agar dapat menarik minat lebih besar dari para pelaku UMKM.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024