Loyalitas pelanggan merupakan komitmen pelanggan untuk membeli kembali produk atau layanan yangdipilih secara konsisten di masa mendatang. Strategi yang dilakukan untuk memposisikan ke dalampikiran calon konsumen bahwa produk atau jasa yang ditawarkan unggul dari pesaing yaitu denganmelakukan pemasaran digital melalui social media marketing. Melalui social media marketing,konsumen menyadari adanya merek suatu produk sehingga dapat mempengaruhi konsumen terhadapkemampuan daya ingat pada suatu merek atau brand awareness. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh social media marketing dan brand awareness terhadap loyalitas pelanggan.Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Sinar Bintang Boutique. Teknik sampling yangdigunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu pelanggan dengan usia diatas 17 tahunyang sudah melakukan pembelian kebaya dan sudah mengikuti akun Instagram Sinar Bintang Boutiquesehingga diperoleh 80 orang sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melaluidokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 29.Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh positif dan signifikan social media marketing terhadaployalitas pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan brand awareness terhadap loyalitaspelanggan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan social media marketing dan brand awarenessterhadap loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2023