Pentingnya penanaman nilai-nilai akhlak yang merupakan bagian dari pendidikan karakter bagi proses pembinaan siswa sekaligus menjadi tanggung jawab guru sebagai pendidik. Guru berperan penting dalam akhlak bagi siswa dengan dilakukan beberapa cara seperti melalui komunikasi yang efektif. Dengan komunikasi terdapat pesan yang disampaikan oleh guru dan diterima oleh siswa dalam proses pembinaan akhlakul karimah. Maka dari itu pola komunikasi perlu disusun oleh guru agar efisien dan efektif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu field research atau penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancaradan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pola komunikasi yang dilakukan antara guru dan siswa dalam pembinaan akhlakul karimah menggunakan komunikasi verbal seperti ajakan, himbauan, nasihat dalam pembelajaran di kelas baik secara satu arah atau luar arah. Adapun nonverbal seperti keteladanan dari guru baik di dalam maupun di luar kelas dengan bentuk kelompok kecil atau kelompok besar. Komunikasi secara verbal dilakukan secara satu arah dan juga dua arah.; 2) faktor pendukung yang mempengaruhi keberhasilan proses komunikasi ialah guru SMAN 3 Kota serang professional dan memiliki kompetensi sesuai bidangnya memegang kendali sepenuhnya atas keberlangsungan pembinaan akhlakul karimah bagi siswa, dan juga ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai. Adapun factor penghambat yang ditemukan ialah factor internal seperti pesan yang disampaikan tidak dipahami, atau kesalah pahaman oleh siswa dalam memaknai pesan guru karena tidak memperhatikan, hal ini biasa disebut missed communication. Adapun factor eksternal ialah dari siswa dengan dipengaruhi lingkungan yang kurang baik, pemanfaat teknologi yang salah dan kurangnya perhatian orang tua dapat mengakibatkan siswa enggan menerima nasihat dari guru dalam mengimplementsikan nilai-nilai akhlakul karimah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023