JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 5 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati

PENGARUH METODE CHAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IV SDN 30 PINRANG

Khairunnas, Khairunnas (Unknown)
Munirah, Munirah (Unknown)
Alam, Andi Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode chain writing terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IV SDN 30 Pinrang. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode ekperimen dengan desain penelitian pre-experimental design bentuk one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik ananlisis data yaitu teknik analisis deskriptif dan dan teknik analisis inferensial melalui uji normalitas dan uji paired sample test. Hasil penenlitian yang ditemukan adalah kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan metode chain writing memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 63,66, sementara nilai rata-rata posttest memperoleh nilai sebesar 78,33. berdasarkan pada uji paired sample test, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selain menggunakan uji paired sample test dengan membandingkan nilai thitung dan ttabel, diperoleh nilai thitung 8,513 > ttabel 2,145 sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dikatakan metode chain writing berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IV SDN 30 Pinrang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...