Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 9 No 3 (2024): Edisi September 2024

Implementasi Supervisi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Administrasi

Taufan Taufan (Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Kota Lhokseumawe, Aceh)
Susi Yusrianti (Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Kota Lhokseumawe, Aceh)
Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo (Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Kota Lhokseumawe, Aceh)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi supervisi manajerial yang dilakukan kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja tenaga administrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik survei deskriptif. Adapun sajian data dilakukan menggunakan analisis komparatif. Data hasil penelitian yang dilakukan pada MAS Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe. Hasil penelitian menunjukkan implementasi supervisi manajerial kepala madrasah dapat meningkatkan kinerja tenaga administrasi. Kesuksesan implementasi supervisi manajerial salah satunya adalah kepala madrasah melakukan supervisi digitalisasi berbasis keislaman. Beragam inovasi yang dilakukan kepala madrasah juga menjadi wujud trasformasi sistem implementasi supervisi manajerial dalam meningkatkan kinerja tenaga administrasi. Implementasi dilaksanakan melalui beberapa tahap supervisi manajerial yang dilakukan memiliki komitmen, fungsi direktif, pengawasan administrasi, peningkatan kinerja, memberikan solusi dan refleksi diri. Implikasi kinerja yang dihasilkan melalui penelitian ini adalah kinerja tenaga administrasi fasilitator layanan akademik dan evaluasi pembelajaran, fasilitator pendataan guru dan tendik pada emis, fasilitator pendataan siswa pada emis dan absen kehadiran siswa, fasilitator fasilitas dan inventaris madrasah, fasilitator penganggaran kebutuhan madrasah dan laporan penggunaan dana BOS dan fasilitator kearsipan dan berkas-berkas madrasah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...