Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 9 No 3 (2024): Edisi September 2024

Pengaruh Model Problem-based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Detya Eka Nurwanty Putri (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat)
Maulana Maulana (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat)
Riana Irawati (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang terjadi di lapangan dapat diatasi dengan memilih model pembelajaran yang tepat sebagai upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Model problem-based learning merupakan model pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model problem-based learning dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecah masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD terakreditasi A di Kecamatan Cimalaka dengan sampel siswa kelas IV SDN Margamukti sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Licin sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes uraian digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil menunjukkan penerapan model problem-based learning berpengaruh secara signifikan. Hasil nilai rata-rata pretest 45 menjadi 82 pada posttest dan nilai rata-rata gain 0,63. Sedangkan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata pretest 52 menjadi 76 pada posttest dengan nilai rata-rata gain 0,46 sehingga model problem-based learning lebih efektif daripada pembelajaran konvensional, terbukti dengan nilai rata-rata gain problem-based learning yang lebih tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...