Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode experiential learning dalam mengoptimalkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi teks laporan hasil observasi. Selain itu, mendeskripsikan wujud/hasil serta kelebihan dari penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.6. Data penelitian ini diperoleh melalui pengamatan langsung pada proses pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode ini dapat mengoptimalkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai 81-100 berjumlah 28 siswa dan yang mendapatkan nilai 61-80 berjumlah 8 siswa. Selain itu, wujud dari keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilihat dalam teks laporan hasil observasi yang dituangkan dalam bentuk poster. Siswa mampu menganalisis, mensintesis, memecahkan masalah, menyimpulkan dan mengevaluasi terhadap objek yang diamati. Siswa juga dapat mengambil deskripsi manfaat dari observasinya terhadap pohon pepaya, sampah plastik, kolam ikan, pohon apel dan tanaman anggrek untuk kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2024