Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pra-eksperimen, dimulai dengan validasi LKPD oleh para ahli. Selanjutnya, dilakukan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal siswa. LKPD berbasis Discovery Learning kemudian digunakan dalam beberapa sesi pembelajaran. Setelah penggunaan LKPD, post-test dilaksanakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Wawancara dengan guru dan siswa juga dilakukan untuk memperoleh masukan terkait penggunaan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan LKPD berbasis Discovery Learning mencapai 79.63, dengan peningkatan rata-rata 28.15 dibandingkan pre-test. Analisis data menunjukkan nilai t hitung sebesar 16.65, jauh lebih tinggi dari nilai tabel sebesar 2.06 pada tingkat signifikansi 0.05, menunjukkan perbedaan yang signifikan. Ini membuktikan bahwa penggunaan LKPD berbasis Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulannya, LKPD berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Merak Belantung terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.
Copyrights © 2024