Bimbingan Konseling Islam adalah suatu proses pemberian bantuan secaraterus menerus dan sistematis terhadap individu atau sekelompok orang yang sedang mengalami kesulitan lahir dan batin untuk dapat memahami dirinya dan mampu memecahkan masalah yang dihadapinya. Dalam tulisan ini ingin diangkat permasalahan tentang apakah urgensi dari disiplin ilmu Psikologi dan Bimbingan Konseling Islam dalam upaya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh klien (dalam hal ini siswa-siswa di sekolah yang bermasalah?) Tulisan ini menggunakan studi kepustakaan atau analisis dokumenter berkenaan dengan apa yang sudah dikemukakan oleh para ahli psikologi, lebih utama lagi oleh para ahli konseling Islam. Yang mana dari uraian data yang dikemukakan terkuak urgensitas, bahwa dasar pemikiran penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah/madrasah, bukan terletak pada ada atau tidak adanya landasan hukum (perundang undangan) atau ketentuan dari atas, namun yang lebih penting adalah upaya memfasilitasi peserta didik yang selanjutnya disebut konseli, agar mampu mengembangkan potensi dirinya atau mencapai tugas-tugas perkembangannya (menyangkut aspek fisik, emosi, intelektual, sosial, dan moral-spiritual).
Copyrights © 2014